Kamis, 23 Mei 2024
Follow Us ON :
 
| Aliansi Pers Tabagsel Singgung Terkait Alokasi Dana Desa Tahun 2021-2022 Ke Kajari Padangsidimpuan | | Dlh Rohil Jadikan Taman Jembatan Pedamaran l Sebagai RTH dan Tujuan Wisata Alternatif | | Pemkab dan Masyarakat Siak Sambut Baik Lokasi Bandara Pengganti di Tetapkan di Siak | | Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Gathering Pensiunan Gatot Kaca Bank Syari'ah Indonesia | | Sekda Hadiri Giat KPU Dalam Peluncuran Pilkada Rohul Bertasbih | | Raih Rekor MURI, Lift Jembatan TASL Jadi Primadona Wisatawan Siak
 
Pj. Walikota Padangsidimpuan, Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024
Kamis, 25-04-2024 - 16:26:31 WIB

TERKAIT:
   
 

KupasKasus.com, Padangsidimpuan - Pj. Walikota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Iswan Nagabe Lubis, S.Sos, MM pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024, di Halaman Kantor Walikota Padangsidimpuan, Kamis (25/4/2024). 

Saat menyampaikan arahan Menteri Dalam Negeri, Iswan Nagabe mengatakan Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”.

"Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang," ujarnya. 

Ia menambahkan, otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

"Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan yang menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan (sustainable)," imbuhnya. 

Sedangkan dari segi tujuan demokrasi, sambungnya, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society.

"Kebijakan desentralisasi juga diharapkan dapat memperbaiki tata hubungan pusat-daerah sehingga menjadi lebih proporsional, harmonis dan produktif dalam rangka penguatan persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya. 

Asisten I, Iswan Nagabe mengungkapkan, dalam konteks ekonomi hijau yang merupakan salah satu dari enam strategi transformasi ekonomi Indonesia untuk mencapai visi 2045, kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan. 

"Dengan menggabungkan kebijakan otonomi daerah yang berfokus pada pembangunan ekonomi hijau, kita dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan, perekonomian secara keseluruhan," bebernya. 

Lebih lanjut, di samping mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam konteks ekonomi hijau, Pemerintah Daerah secara eksisting dihadapkan pada hambatan dan tantangan dalam pembangunan daerah untuk mendorong program Pembangunan Nasional meliputi penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, peningkatan pelayanan publik yang berkualitas melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), percepatan proses pemulihan perekonomian Nasional maupun Daerah serta ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat.

"Kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskalnya, diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas infrastruktur yang baik dan lain-lain," harapnya. 

Ia juga mengimbau bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.

Hadir dalam upacara tersebut, para Asisten dan Staf Ahli Walikota, Kepala OPD, serta perwakilan ASN lingkup Pemko Padangsidimpuan. (Gusti)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Pj. Walikota Padangsidimpuan, Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Aliansi Pers Tabagsel Singgung Terkait Alokasi Dana Desa Tahun 2021-2022 Ke Kajari Padangsidimpuan
    02 Dlh Rohil Jadikan Taman Jembatan Pedamaran l Sebagai RTH dan Tujuan Wisata Alternatif
    03 Pemkab dan Masyarakat Siak Sambut Baik Lokasi Bandara Pengganti di Tetapkan di Siak
    04 Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Gathering Pensiunan Gatot Kaca Bank Syari'ah Indonesia
    05 Sekda Hadiri Giat KPU Dalam Peluncuran Pilkada Rohul Bertasbih
    06 Raih Rekor MURI, Lift Jembatan TASL Jadi Primadona Wisatawan Siak
    07 Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kabupaten Siak 2024 Resmi di Tutup Wakil Bupati Siak Husni Merza
    08 Peringatan HUT ke-44 Perpusnas RI : Siak Terima Bantuan Satu Unit Mobil Perpustakaan Keliling
    09 Gaet Investor Asing, Pemkab Siak Taja Temu Bisnis dan Siak Expoversary 2024
    10 Alfedri Doakan Calon Jamaah Haji Siak Tetap Sehat dan Selamat Pulang Pergi
    11 Lepas Jalan Sehat Hardiknas Wabup Husni Apresiasi Ini Sangat Luar Biasa
    12 Satpol PP Siak Musnahkan Ribuan Botol Miras
    13 Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 28 Momentum Maknai Arti Tujuan Otda
    14 Bupati Kasmarni Ingin JCH Lebih Nyaman, Tahun ini Kembali Berangkat Via Batam
    15 Opini : Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
    16 Saat Pergelaran Audensi Bupati Tahun 2024 Warga Sumpu Menikmati Pengaspalan Jalan Sepanjang 3.5 KM
    17 IPW Sebut Langkah Polri Sudah Tepat di Kasus Vina, Masyarakat Jangan Termakan Hoaks
    18 Melalui DD 2024, Pekon Tambahrejo Realisasikan Program PMT
    19 Wakil Jaksa Agung RI dan Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Kejaksaan RI Kunjungi Kejati Kepri
    20 Pagi-pagi Anak Pargarutan Tersenyum Dapat Susu Gratis Dari Bupati Tapsel
    21 Opini : Perencanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
    22 Pentingnya Pendidikan, ini Pesan Pariyanto Untuk Masyarakat
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting