Jum'at, 01 Maret 2024
Follow Us ON :
 
| Sah Dilantik Sebagai Pj Gubri, SF Hariyanto: Saya akan Melaksanakan Amanah | | Dr. Lambok Bertindak Selaku Penuntut Umum Dalam Persidangan Terduga Korupsi | | Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan Gelar Rapat Pleno Terbuka | | Tekad Rasyid Assaf Dongoran Untuk Menggalakkan Program Marsialap Ari Gotong Royong Bedah Rumah | | 30 Personil SUBSATGAS PAM OBJEK KEGIATAN OMB LK 2023-2024 | | Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Baznas Award
 
Tingkat Kepuasan Publik Meningkat, Dukcapil Apresiasi Dukungan Semua Pihak
Jumat, 09-02-2024 - 12:04:06 WIB

TERKAIT:
   
 

KupasKasus,com, Teluk Kuantan - Index Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan dokumen administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuantan Singingi menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. 

Menyikapi hal itu, Kadis Dukcapil Kuansing H. M. Refendi Zukman menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak, terutama arahan Bupati H Suhardiman Amby, dan Sekda H Dedy Sambudi serta komponen lainnya. Hal itu dikatakan Refendi Zukman, Jumat, (9/2/24) di Teluk Kuantan. 

Dijelaskan Refendi, berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengolahan data survey pada tahun 2023 nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dukcapil rata-rata mencapai 90,98, yang masuk dalam kategori Kinerja Unit Pelayanan “Sangat Baik” dengan mutu pelayanan pada golongan “A”. Nilai ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang rata-rata sebesar 87,10. 

Peningkatan ini dinilai berkat kerja keras jajaran dinas dukcapil yang terus berupaya memperbaiki diri terhadap perbaikan pelayanan publik sektor administrasi kependudukan di Kabupaten Kuantan Singingi. 

H. M. Refendi Zukman, S.Sos., M. Si mengatakan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Dukcapil dilakukan sesuai amanat Undang-undang no 25 tahun 2009 dan Petunjuk operasional berpedoman kepada Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Nomor :  14 tahun 2017. Ini  bertujuan untuk mengukur secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil kepada masyarakat.

SKM ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan, saran, dan aspirasi dari masyarakat agar meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

SKM Disdukcapil dilaksanakan dengan menggunakan metode kuesioner yang disebarkan kepada setiap pengguna layanan Dukcapil, baik secara online maupun offline. Kuesioner SKM Disdukcapil terdiri dari 9 unsur pelayanan yaitu persyaratan, prosedur, waktu, biaya/tarif, produk layanan, kompetensi petugas, perilaku petugas, sarana dan prasarana, serta penanganan pengaduan.

Jika dilihat setiap unsur pelayanan menunjukkan bahwa masyarakat memberikan penilaian tertinggi pada unsur biaya/tarif, yaitu nilai Indeks maksimal sebesar 100,00 dengan kategori “A” Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat merasa sangat puas, sebab setiap dokumen yang diterbitkan tidak dikenakan biaya, seperti Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan lain-lain.

Sedangkan Penilaian terendah diberikan pada unsur waktu penyelesaian yakni sebesar 86,10, (kategori “B”) ini menunjukkan bahwa masih ada sebagian masyarakat yang merasa kurang puas dengan waktu penyelesaian dokumen. Namun, secara keseluruhan didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa IKM unit pelayanan memperoleh penilaian sebesar 90,98 dengan kategori A (Sangat Baik). 

Lebih lanjut Kadisdukcapil Refendi Zukman menjelaskan nilai unsur waktu penyelasaian tidaklah termasuk ke dalam kategori “kurang baik” melainkan masih terletak pada kategori nilai “Baik”, kendati pun demikian ini akan menjadikan bahan evaluasi bagi kami sebagai perbaikan kedepan dengan munyusun rencana aksi perbaikan di tahun 2024 untuk ditindak lanjuti tuturnya lagi. 

Selanjutnya Pihaknya berkomitmen hasil ini dijadikan motivasi bagi jajaran Disdukcapil untuk terus berbenah dan berinovasi dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas, cepat, mudah, dan transparan kepada masyarakat.

Kadisdukcapil Refendi Zukman juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam SKM Disdukcapil dan memberikan masukan yang konstruktif. Ia berharap dengan adanya SKM Disdukcapil ini, hubungan antara Disdukcapil dengan masyarakat semakin harmonis dan saling mendukung (admin).

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Tingkat Kepuasan Publik Meningkat, Dukcapil Apresiasi Dukungan Semua Pihak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sah Dilantik Sebagai Pj Gubri, SF Hariyanto: Saya akan Melaksanakan Amanah
    02 Dr. Lambok Bertindak Selaku Penuntut Umum Dalam Persidangan Terduga Korupsi
    03 Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan Gelar Rapat Pleno Terbuka
    04 Tekad Rasyid Assaf Dongoran Untuk Menggalakkan Program Marsialap Ari Gotong Royong Bedah Rumah
    05 30 Personil SUBSATGAS PAM OBJEK KEGIATAN OMB LK 2023-2024
    06 Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Baznas Award
    07 Bupati Optimis Lahirkan Generasi Milenial Cerdas Dan Sehat
    08 Sat Reskrim Polres Kuansing Mengungkap Kasus Persetubuhan Terhadap Anak Dibawah Umur
    09 Masyarakat KHS Dukung Bupati Suhardiman Lanjutkan Kepimpinan
    10 Diikuti 110 Peserta, Bimtek UPZ Masjid dan Mushalla Rayon III Resmi Dibuka
    11 Bahas Pengembangan Pariwisata, Disparbudpora Bengkalis Ikuti Rakor DAK di Jogyakarta
    12 Disdukcapil Kabupaten Bengkalis Raih Penghargaan Dukcapil Prima Award dari Mendagri
    13 Bupati Berharap Kinerja Baznas Terus Membaik
    14 Penjabat Walikota Letnan Tinjau Sunat dan Pengobatan Gratis di UPTD. Puskesmas Pijorkoling
    15 Pemkab Bengkalis Sosialisasikan STDB
    16 Forum Perangkat Daerah 2024, Diskominfotik Bengkalis Paparkan Program Prioritas Tahun 2025
    17 Target Program Unggulan, Dinkes Bahas Ranwal Renja 2025 Bersama Sejumlah PD
    18 Apel Hari Kesadaran Nasional, Wabup Ajak ASN Mediator Dinginkan Suasana Pasca Pemilu
    19 Wabup Bagus Takjub Melihat Beruang Madu di Kebun Binatang Selatbaru
    20 Himpun Masukan Wujudkan Bengkalis Bermasa, Bupati Buka FKP RKPD 2025
    21 Nakes Siaga Layani Petugas Pemilu 2024
    22 Wakil Bupati Bagus Santoso Tinjau Ke Sejumlah TPS Kecamatan Bengkalis dan Bantan
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting